ANALISIS
3
TEMA
: Sistem Kredit atau Leasing
JUDUL
: Pengaruh kualitas pelayanan terhadap pengambilan keputusan kredit sepeda
motor
1.1
Latar Belakang
Fenomena
semakin bertambahnya pengguna sepeda motor setiap tahunnya
menyebabkan sepeda motor sebagai salah satu kendaraan yang paling
banyak digunakan di Indonesia. Peluang ini juga mendorong lembaga –
lembaga pembiayaan untuk menyediakan jasa kredit. Untuk memenuhi
besarnya permintaan kredit sepeda motor, berbagai lembaga
pembiayaan menyediakan beragam layanannya. Pelayanan terbaik yang
diberikan nantinya akan menentukan konsumen dalam melakukan pengambilan
keputusan kredit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
kualitas pelayanan terhadap pengambilan keputusan kredit sepeda motor secara
parsial dan simultan pada nasabah PT Summit OTO Finance Cabang
Pasuruan. Penelitian ini termasuk penelitian metode explanatory research.
1.2
Metode Penelitian
Penelitian
ini terdiri dari variabel independent (X) dan variabel dependent (Y).
Variabel independent dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan yang
terdiri dari tangibles (bukti fisik) (X1), responsiveness (daya tanggap)
(X2), assurance (jaminan) (X3), reliability (kehandalan) (X4), empathy
(perhatian) (X5), variabel dependent adalah pengambilan keputusan.
Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah nasabah kredit PT Summit OTO Finance Cabang
Pasuruan sebanyak 390 responden dengan menggunakan teknik Accidental
Sampling. Penelitian ini menggunakan analisis regresi dengan
tujuan untuk menguji hipotesis, yang menyatakan ada pengaruh secara parsial
ataupun secara simultan antara variabel independent (X) dengan variabel
dependent (Y).
Hasil
penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan secara
simultan dan parsial antara variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari
tangibles, responsiveness, assurance, reliability, empathy terhadap keputusan
pembelian kredit sepeda motor pada PT Summit OTO Finance Cabang
Pasuruan. Sedangkan untuk variabel dominan dari kualitas pelayanan yaitu
variabel responsiveness yang mempunyai beta standar paling besar yakni 0,274.
Dari
hasil penelitian ini, saran yang dapat diberikan untuk perusahaan adalah
perusahaan meningkatkan program pelatihan dan memberikan bonus/ penghargaan
guna meningkatkan kualitas pelayanan. Saran kepada karyawan lebih
meningkatkan pelayanan dengan memberikan identitas diri sehingga konsumen
merasa lebih diperhatikan. Bagi konsumen saran yang diberikan agar lebih
selektif dalam melakukan pemilihan lembaga pembiayaan supaya tidak
mengakibatkan kerugian. Saran bagi peneliti selanjutnya agar lebih
mengembangkan penelitian pada tempat lainnya untuk memperdalam
kajian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar